Cari Blog Ini

Kamis, 27 April 2017

Rintis Kampung Aman, Polres Kebumen Gelar Lomba Siskamling

KEBUMEN – (27/4/2017) Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berasaskan budaya kepaguyuban dan gotong royong yang menjiwai masyarakat Indonesia khususnya di wilayah pemukiman perlu dilestarikan dan ditumbuh-kembangkan ditengah-tengah masyarakat. Untuk itu, Satuan Binmas Polres Kebumen sejak tanggal 25 sampai dengan tanggal 28 April 2017 menggelar lomba penilaian Pos Kamling tingkat wilayah hukum Polres Kebumen.

Menurut Kasat Binmas Polres Kebumen AKP M. Yusuf, SH selaku pelaksana kegiatan, kriteria penilaian terdiri dari beberapa aspek, yang secara garis besar meliputi aspek kesiapan anggota pos kamling dan pos kamling nya itu sendiri. “Pos Kamling minimal harus mempunyai peralatan standar, seperti kentongan dan papan tanda-tanda sandi kentongan, alat pemadam api sederhana, pentungan sebagai alat untuk melindungi diri, jas hujan, buku absensi dan mutasi, lampu senter serta borgol.” Jelas AKP Yusuf.

“Sedangkan kesiapan personil, para anggota pos kamling harus memiliki kemampuan untuk memadamkan api bila terjadi kebakaran pada skala tertentu dengan menggunakan alat yang sederhana, minimal  bisa meminimalisir sebaran api sehingga tidak merambat ke bangunan lain pada pemukiman yang padat penduduk sambil menunggu bantuan dari Damkar Pemkab.” lanjut beliau. “Selain itu, diharapkan setiap petugas kamling bisa melakukan pertolongan pertama terhadap korban yang timbul akibat suatu kejadian baik kejadian pidana maupun non pidana, juga pengamanan terhadap pelaku kejahatan yang tertangkap tangan, terutama dari tindak anarkis massa yang tidak bertanggung jawab sebelum diserahkan kepada pihak Kepolisian setempat.” Lanjutnya.

Untuk memudahkan penilaian, Panitia membagi menjadi 4 wilayah, dan setiap wilayah ditunjuk satu perwakilan Pos Kamling untuk dinilai. Penilaian dilaksanakan malam hari, dan sebagai Ketua Tim Penilai adalah Kabag Ops Polres Kebumen Kompol Suyatno.

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, S.Sos yang hadir langsung untuk menyaksikan jalan nya penilaian lomba di Desa Kalirancang Kecamatan Alian, Kebumen pada Rabu (26/4) malam mengapresiasi semangat dari warga yang dilibatkan dalam lomba pos kamling itu, “Saya berharap apa yang telah diperagakan oleh para warga saat penilaian lomba bisa diaplikasikan pada situasi yang sebenarnya.” harap AKBP Titi Hastuti, S.Sos (Humas Res Kebumen /maspolinnews.blogspot.co.id).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar